Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi berbantuan ICT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Bahan ajar dirancang agar memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Washliyah 1 Medan, Indonesia. Temuan penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengatur diri siswa, (2) Meningkatkan pemecahan masalah dengan menggunakan bahan ajar berbasis pada pendekatan metakognisi yaitu ICT telah dikembangkan dan dibantu, terlihat dari nilai N-gain pada tes pertama 0,36 meningkat menjadi 0,50 pada tes kedua, (3) Meningkatnya kemandirian belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Pendekatan metakognisi yang telah dikembangkan dan dibantu ICT berdasarkan rata-rata keseluruhan kuesioner self-regulated learning pada tes pertama 2,98, meningkat pada tes kedua menjadi 3,25.