Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 2) Menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 3) Menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG); 4) Menganalisis peningkatan kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pengembangan perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) dengan menggunakan model pengembangan Dick & Carey dan tahap kedua mengujicobakan perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) yang dikembangkan di kelas XI-MIPA 1 dan XI-MIPA 2. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran melalui problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) kemampuan visual thinking dalam pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran berorientasi problem based learning berbantuan geogebra (PBL-BG) meningkat, ditinjau dari ketuntasan klasikal posttest uji coba I sebesar 75,00% dan meningkat menjadi 87,50% pada uji coba II;