Daftar Isi:
  • Pengembangan pembelajaran inovatif dengan multimedia dan proyek untuk materi titrasi redoks dijelaskan dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sebuah pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan multimedia (video pembelajaran) sebagai bahan ajar dan dilanjutkan dengan kegiatan proyek yang digunakan sebagai dukungan pengajaran untuk pembelajaran aktif dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kimia. Prosedur penelitian dimulai dari pembuatan video pembelajaran materi titrasi redoks sebagai bahan ajar, standardisasi bahan ajar yang dikembangkan, dan penggunaan bahan ajar sebagai panduan belajar mahasiswa untuk mengerjakan proyek dalam mendukung penguasaan materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran dengan multimedia dan proyek telah berhasil dikembangkan untuk materi titrasi redoks. Implementasi pembelajaran menggunakan multimedia dan proyek efektif digunakan dalam mempelajari kimia analitik dasar khususnya pada materi titrasi redoks. Nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran inovatif menggunakan multimedia dan proyek. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap bentuk pembelajaran yang mereka ikuti. Video pembelajaran dan proyek terbukti cukup membantu mahasiswa dalam belajar kimia secara mandiri. Pola pembelajaran telah berubah menjadi terpusat pada mahasiswa sehingga mengintensifkan kegiatan belajar mengajar, membangun keterampilan berpikir kritis, dan meningkat hasil belajar.