Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertolak dari bahan ajar dan pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada guru, siswa hanya mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Selalin itu juga bahan ajar yang digunakan oleh guru kurang membawa dampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar Bhinneka tunggal Ika dengan pengintegrasian pendidikan karakter yang efektif pada siswa kelas VI SD pada mata pelajaran PKn; (2) Penerapan bahan ajar ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintegrasian pendidikan karakter yang dibuat dapat meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual siswa kelas VI SD pada mata pelajaran PKn. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri Percobaan Kota Medan dan sebagai objek dalam penelitian ini adalah modul yang dikembangkan Kelas VIa dan VIb masing-masing 36 orang siswa SD Negeri Percobaan Kota Medan. Instrumen pengeumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) tes hasil belajar; (2) Observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket karakter siswa dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Keefektivan produk pengembangan perangkat dalam penerapan model pengembangan bahan ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintergrasian pendidikan karakter menggunakan pembelajaran kontekstual; Hasil belajar siswa setelah pengembangan bahan ajar Bhinneka Tunggal Ika dengan pengintergrasian pendidikan karakter menggunakan pembelajaran kontekstual dapat dilihat dari hasil kerja siswa dalam menyelesaikan tes yang diberikan dapat diketahui hasil analisis ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 94,44%.