Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Abstraksi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Kelas VII SMP Istiqlal Delitua
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan di SMP Istiqlal Delitua yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana; 1) validitas perangkat pembelajaran, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran, 3) efektivitas perangkat pembelajaran, 4) peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran, 5) peningkatan kemampuan self-efficay siswa dalam penerapan perangkat pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Dick & Carey. Uji coba pada penelitian ini dilakukan di kelas VII-2 SMP Istiqlal Delitua. Dari hasil uji coba I dan uji coba II: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria praktis; (3) perangkat pembelajaran dikembangkan sudah memenuhi kriteria efektif. (4) terdapat peningkatan kemampuan abstraksi matematis siswa dengan kategori sedang; (5) terdapat peningkatan self-efficacy siswa dilihat dari dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan abstraksi matematis dan self-efficacy siswa.