Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku pengayaan sebagai bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri 104203 Bandar Khalipah; Mendeskripsikan kelayakan buku pengayaan sebagai bahan pendukung pada Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 104203 Bandar Khalipah, dan mendeskripsikan keterpakaian buku pengayaan sebagaj bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri 104203 Bandar Khalipah. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Borg & Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan buku pengayaan sebagai bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolah didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi isi materi, desain, dan bahasa, revisi produk, penilaian dan saran guru kelas serta siswa, revisi, uji coba perorangan, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga produk valid dan layak digunakan; (2) hasil validasi buku pengayaan sebagai bahan pendukung Gerakan literasi Sekolah pada kriteria “sangat baik”, validasi ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 90,62% pada kriteria”sangat baik”, kelayakan penyajian dengan rata-rata 95% pada kriteria “sangat baik”, dan aspek kegrafikan dengan rata-rata 100% pada kriteria “sangat baik”, rata-rata keseluruhan aspek adalah 95,20% pada kriteria “sangat baik”, validasi ahli desain dengan rata-rata 90,47% pada kriteria “sangat baik”, dan validasi ahli bahasa 82% pada kriteria “sangat baik, dan (3) keterpakaian buku pengayaan memenuhi syarat dan efektif digunakan sebagai bahan pendukung Gerakan Literasi Sekolah.