Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes objektif berbasis PISA materi gelombang bunyi di SMA sesuai standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) menggunakan desain ADDIE dengan tahapan analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), dan evaluasi (evalution).Tahap analisis diperoleh hasil minimnya variasi dalam assesmen dan siswa masih kurang memperoleh soal fisika berbasis PISA terutama pada materi gelombang bunyi. Materi soal fisika yang dikembangkan meliputi besaran pada gelombang bunyi, refleksi dan refraksi, resonansi, intensitas bunyi, dan efek doppler. Tahap desain diperoleh hasil 45 butir soal berdasarkan kompetensi literasi sains PISA yang diklasifikasikan ke dalam tiga standar kompetensi, yaitu: menjelaskan fenomena ilmiah; mengevaluasi dan mendesain penelitian ilmiah; menginterpretasikan data dan bukti ilmiah. Tahap pengembangan diperoleh 44 butir soal dalam kategori sangat valid dengan persentase 90 % berdasarkan validasi isi oleh 5 ahli, baik dari segi materi, konstruk, dan bahasa. Hasil dari tahap implementasi dan evaluasi menunjukkan bahwa dari 45 butir soal yang dikembangkan, 38 butir soal telah memenuhi kriteria kualitas tes yang baik, berdasarkan uji validitas, reliabilitas, daya beda, taraf kesukaran, dan efektivitas pengecoh pada uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar.