Pengembangan Perangkat Penilaian Afektif Pada Mata Pelajaran Biologi SMA Kelas X di SMA Negeri
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat penilaian afektif di SMA kelas X mata pelajaran Biologi. Instrumen yang dikembangkan akan diuji validitas, reliabilitas dan praktikalitasnya. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan di lapangan, hasil observasi ke sekolah menunjukkan bahwa belum ada instrumen penilaian domain afektif yang mengacu pada standar yang dikeluarkan oleh Depdiknas, sehingga guru di sekolah cenderung tidak melakukan penilaian afektif atau hanya melakukan enilaian afektif berdasarkan pengamatan saja. Penelitian dilakukan di SMAN 1 dan SMAN 2 Tanjungbalai. Pengembangan instrumen penilaian domain afektif ini dilakukan menggunakan model 4-D yang dilakukan secara bertahap. Tahap tersebut terdiri dari Define (pendefinisian), Design perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination penyebaran). Produk akhir yang dihasilkan adalah instrumen penilaian afektif yang valid, praktis dan reliabel yang dapat digunakan untuk melakukan penilaian afektif di sekolah dengan nilai validasi instrumen penilaian domain afektif yang dikembangkan adalah 90,5 %, sedangkan untuk uji praktikalitas instrumen penilaian domain afektif yang dikembangkan adalah sangat praktis dengan nilai 77,5 % dan hasil uji reliabilitas menunjukkan angka Cronbach’s α > 0,6.