Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Kecerdasan logis matematis siswa-siswi setelah pelaksanaan model problem based learning; (2) Kepercayaan diri (self confidence) siswa-siswi setelah pelaksanaan problem based learning; dan (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa MAS Al-Washliyah Km.6 Medan Kelas XI-A yang berjumlah 30 orang, kemudian diangkat subjek wawancara berdasarkan kategori kecerdasan logis matematis dan pola jawaban yang dominan pada setiap kategori. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: (1) Kecerdasan logis matematis siswa setelah diterapkan model problem based learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 8 siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis kategori tinggi, 12 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 11 siswa yang memiliki kategori rendah. Untuk setiap indikator, siswa memiliki rata-rata penilaian indikator kemampuan berhitung yaitu kategori sedang; indikator bernalar dan berpikir logis yaitu kategori sedang; dan indikator memecahkan masalah yaitu kategori sedang. (2) Kepercayaan diri (self confidence) siswa setelah diterapkan model problem based learning didapat bahwa dari 30 siswa terdapat 6 siswa yang memiliki keepercayaan diri (self confidence) kategori tinggi, 20 siswa yang memiliki kategori sedang, dan 4 siswa yang memiliki kategori rendah. (3) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan tes kecerdasan logis matematis siswa a) pada kategori tinggi dan sedang, siswa mengalami kesulitan pada indikator pemecahan masalah; b) pada kategori rendah, siswa mengalami kesulitan pada indikator konsep dan pemecahan masalah.