Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Keterampilan Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Bealajar PPKn Siswa Kelas IV SD Katolik Diski
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tujuan pendidikan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Discovery Learning dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model Think Pair and Share. (2) Untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan pemecahan masalah tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang memiliki keterampilan pemecahan masalah rendah. (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dengan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Katolik Diski. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis data menggunakan uji-Tuckey. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model Discovery Learning lebih tinggi daripada hasil belajar PPKn yang diajarkan dengan menggunakan model Think Pair and Share, (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan pemecahan masalah tinggi lebih tinggi dari hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan pemecahan masalah rendah, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dan keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar PPKn siswa.