Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V SD Negeri No. 060931 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem based learning dan strategi pembelajaran peta konsep, mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri No. 060931 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdiri dari dua kelas. Sampel dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket kemandirian belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh dari instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur pada program SPSS 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PPKn siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran problem based learning dibandingkan dengan strategi pembelajaran peta konsep (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 < 0,05), hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 < 0,05), dan terdapat interaksi antara strategipembelajaran dan kemandirian belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001 < 0,05).