Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Keterampilan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 101788 Marindal I
Daftar Isi:
- Tercapainya proses belajar mengajar sangat tergantung pada peran guru dalam kegiatan pembelajaran di kelas.Hasil perhitungan menunjukkan bahwa hasil belajar memiliki reliabilitas dengan signifikan 0,73<0,05 dan hasil angket keterampilan sosial memiliki eliabilitas dengan signifikan 0,85<0,05.Hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 101788 Marindal I dalam 3 tahun terakhir masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 71.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Langsung; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dan keterampilan sosial dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa kelas IV. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Keterampilan Sosial. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas IV SD Negeri 101788 Marindal I; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki keterampilan sosial tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki keterampilan sosial rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Contextual Teacher and Learning dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SD Negeri 101788 Marindal I.