Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen dan Kompetensi Kewargnegaraan terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa di SMP Pahlawan Nasional Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh model pembelajaran Project Citizen lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional; (2) hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kompetensi kewarganegaraan tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kompetensi kewarganegaraan rendah (3) interaksi antara model pembelajaran Project Citizen dan kompetensi kewarganegaraan dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa. Penelitian berbentuk Quasi Experimental Design dengan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar PPKn dan instrumen Kompetensi kewarganegaraan. Analisis data menggunakan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Project Citizen terhadap hasil belajar PPKn siswa di kelas VII SMP Pahlawan Nasional Medan ; (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki kompetensi kewarganegaraan tinggi lebih tinggi dari siswa yang memiliki kompetensi kewarganegaraan rendah; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran Project Citizen dan Kompetensi Kewarganegaraan terhadap hasil belajar PPKn Siswa di SMP Pahlwan Nasional Medan.