Pengembangan E-Modul Biomolekul Enzim Terintegrasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek Sesuai Kurikulum KKNI
Daftar Isi:
- Pengembangan media pembelajaran elektronik perlu dilakukan sesuai dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh E-modul Biomolekul Enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek sesuai kurikulum KKNI sebagai upaya meningkatkan motivasi dan kompetensi mahasiswa pada pembelajaran biokimia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang meliputi: tahap (1) Analisis kebutuhan modul biokimia sesuai KKNI dan perkembangan teknologi, tahap (2) Pengembangan E-modul biomolekul enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek sesuai kurikulum KKNI menggunakan software flipbook maker yang dapat digunakan secara offline maupun online, tahap (3) Standarisasi E-Modul sesuai SNPT dan kelayakan media elektronik dan tahap (4) Implementasi terbatas dan tahap (5) evaluasi pada mahasiswa pendidikan Kimia, FMIPA Unimed sebanyak 2 kelas. Instrumen penelitian adalah angket validasi SNPT dan media elektronik, instrumen tes uraian dan angket motivasi mahasiswa. Data dianalisis secara deskriptif dan statistic independent sample T-test dua pihak program SPSS 21. Hasil analisis awal menunjukkan bahwa kelayakan isi dan bahasa buku cetak biokimia yang digunakan mahasiswa sesuai SNPT sedangkan pada kelayakan penyajian dan kegrafikan buku cetak biokimia masih kategori kurang valid sehingga perlu dilakukan pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) e�modul biomolekul enzim terintegrasi model pembelajaran berbasis proyek bernilai rata-rata 3,45 kategori sangat valid sehingga e-modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. (2) terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e-modul yang dikembangkan dari pada peningkatan hasil belajar mahasiswa yang menggunakan buku cetak biokimia (N-gain 0,88>0,69). (3) terdapat perbedaan motivasi belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e-modul yang dikembangkan dari pada motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan buku cetak biokimia (motivasi 84>62). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan e�modul yang dikembangkan dengan koefisien korelasi 0,718 (kriteria korelasi tinggi) dan koefisiensi determinasi sebesar 51,55 %.