Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif Instalasi Motor Listrik berbasis proyek untuk peserta didik sekolah menengah kejuruan program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik sesuai kurikulum 2013. Produk ini dikembangkan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall dimana masing-masing tahapannya saling berhubungan. menghasilkan produk pengembangan dan mengadaptasi model Multimedia Development Life Cycle Luther (Concept-Design-Material Collecting-Assembly-Testing-Distribution) untuk pengembangan produknya. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ahli desain materi, ahli desain media, ahli desain pembelajaran, dan peserta didik. Hipotesis yang diajukan dari penelitian ini adalah bahwa produk multimedia interaktif ini layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Instalasi Motor Listrik. Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi ahli dan respon peserta didik serta posttest sebagai instrumen hasil belajar. Kelayakan produk multimedia diperoleh melalui pengujian dan validasi dimana rata-rata persentase hasil penilaian ahli materi, media dan desain pembelajaran adalah sebesar 86,32%, sedangkan rata-rata persentase hasil peserta didik pada uji coba perorangan dan kelompok adalah sebesar 83,91% yang termasuk dalam kriteria penilaian “sangat baik”. Hasil uji efektivitas produk dilakukan menggunakan data uji hasil belajar pada uji hipotesis penemultimedia pembelajaran interaktif, pembelajaran berbasis proyek, instalasi motor listrikitian melalui uji-t satu pihak kanan pada taraf siginifikansi  = 0,05 dan derajat kebebasan df = 62, sehingga diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,85 > 1,67, yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang belajar menggunakan multimedia interaktif untuk pelajaran Instalasi Motor Listrik dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan metode pembelajaran klasikal. Demikian penggunaan produk multimedia interaktif Instalasi Motor Listrik berbasis proyek layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.