Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Transformasi Geometri yang valid, praktis, dan efektif sehingga dapat meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa; 2) meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Transformasi Geometri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE dengan subjek penelitian 15 orang siswa/i kelas XI IPA 1 dan 15 orang siswa/I XI IPA 2 SMA Swasta Al-Manar Medan. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 pada materi Transformasi Geometri. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas media pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,64 (kategori ‘Valid’). Sementara itu, kepraktisan media pembelajaran dilihat dari skor observasi keterlaksanaan pembelajaran pada uji coba II yaitu sebesar 3,71 (kategori ‘Terlaksana dengan Baik’). Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari empat aspek yaitu ketuntasan klasikal, skor observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon guru dan siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan spasial matematis siswa pada uji coba II sebesar 86,67% (13 siswa). Rata-rata persentase pencapaian waktu ideal aktivitas siswa pada uji coba II untuk tiga pertemuan adalah 22,2%, 26,87%, 26,87%, 13,9%, 7,87%, dan 2,32%. Rata�rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,82 (kategori ‘Baik’) pada uji coba II. Rata-rata respon guru 3,67 (kategori ‘Tertarik’) pada uji coba II. Rata-rata respon siswa adalah 3,71 (kategori ‘Tertarik’) pada uji coba II. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan kriteria ‘sedang’ dengan skor 0,42 ( ). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yang dikembangkan ini valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa pada materi Transformasi Geometri.