Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis validitas perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 2) menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan model Problem Based Learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 3) menganalisis keefektivan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 4) mengetahui pentingnya bantuan media pembelajaran berupa Video Pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model engembangan Dick & Carey dari Dick & Carey yang telah dimodifikasi dan dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 18 Medan tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi perangkat pembelajaran dikembangkan dengan nilai rerata total keseluruhannya berada pada nilai 4 ≤ Va < 5 sehingga para ahli menyatakan perangkat pembelajaran tersebut dikategori “valid”; 2) perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan sudah memenuhi kategori “praktis”; 3) Perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif; 4) Terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata N-gain pada uji coba I sebesar 0,25 yang berada pada kategori rendah meningkat pada uji coba II sebesar 0,37 yang berada pada kategori sedang dan Self-Efficacy siswa yang diberi perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning.