Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Kolaborasi Berbantuan Media Lectora Inspire dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Sistem Periodik
Daftar Isi:
- Di era 4.0 adanya perpaduan antara keterampilan teknologi dan keterampilan manusia yang menuntut SDM untuk optimal beberapa hal termasuk berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran guided inquiry berbasis kolaborasi berbantuan media lectora inspire dan minat belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik. Pengambilan sampel kelas menggunakan teknik sampling random. Penelitian ini menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran guided inquiry berbasis kolaborasi berbantuan media lectora inspire dan kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran direct intruction. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil tes menggunakan intrumen yang disusun berdasarkan ranah kognitif Bloom pada kategori berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis sebesar 0,559 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,346. Minat belajar siswa diukur menggunakan angket dengan 25 pernyataan. Hasil angket minat belajar menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh mean sebesar 72,15 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh mean sebesar 68,74. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kedua model pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem periodik karena diperoleh P value sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Terdapat pengaruh tingkat minat belajar kimia terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik karena diperoleh P value sebesar 0,001 lebih kecil dari 0,05. Serta terdapat pengaruh interaksi antara model Pembelajaran dengan tingkat minat belajar kimia siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem periodik karena diperoleh P value sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05