Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; mengetahui perbedaan motivasi siswa ditinjau dari media pembelajaran yang digunakan; dan mengetahui korelasi antara motivasi dengan peningkatan hasil belajar. Design penelitian menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Populasi dalam implementasi media ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Model Medan T.A 2020/2021, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 masing-masing terdiri dari 30 siswa sehingga total samplingnya adalah 60 siswa, Instrumen penelitian berupa angket berdasarkan BSNP, tes objektif hasil belajar yang valid dan reliable, serta lembar angket motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada aplikasi SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media pembelajaran power point pada materi struktur atom layak untuk digunakan tetapi masih terdapat kelemahan pada media sehingga perlu dilakukan revisi dan pengembangan; media komik kimia berbasis android pada materi struktur atom yang telah dikembangkan memperoleh hasil validasi dengan nilai rata-rata 3,47 tergolong dalam kategori layak; ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media komik kimia berbasis android dengan N-Gain sebesar 0,68 dan media power point dengan N�Gain sebesar 0,50 pada materi struktur atom, dimana keduanya berbeda secara signifikan dengan nilai sig(0,002< α 0,05); ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi sebesar 0,82 dengan siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah sebesar 0,73; dimana keduanya berbeda secara signifikan dengan nilai sig(0,000 < α 0,05); dan Ada interaksi media pembelajaran dengan tingkat motivasi ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa.