Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar Kimia kelas XI SMA/MA berdasarkan kriteria kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), memperoleh bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe�Learning yang layak berdasarkan kriteria kelayakan BSNP, mengetahui apakah motivasi belajar, aktivitas belajar dan peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe-Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar cetak di sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Uji coba terbatas dilakukan melalui pengamatan terhadap motivasi, aktivitas, dan peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket BSNP, instrumen tes, angket motivasi belajar, serta lembar observasi aktivitas belajar. Analisis data yang dilakukan pada tahap analisis dan pengembangan berupa analisis deskriptif, sedangkan pada tahap implementasi analisis data dilakukan analisis statistika menggunakan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar kimia yang digunakan di sekolah sudah memenuhi standar BSNP dalam aspek kelayakan isi (rata-rata 3,49), kelayakan bahasa (rata-rata 3,20), dan kelayakan penyajian (rata-rata 3,19), tetapi aspek kelayakan kegrafikan perlu diperbaiki karena tidak memenuhi standar (rata-rata 1,00); (2) tingkat kelayakan bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe-Learning adalah sangat layak untuk digunakan dengan nilai rata-rata kelayakan isi 3,69, kelayakan bahasa 3,93, kelayakan penyajian 3,81, dan kelayakan kegrafikan 3,89; (3) motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe-Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar cetak di sekolah dengan nilai sig. < α (0,000 < 0,05); (4) aktivitas belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe-Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar cetak di sekolah dengan nilai sig. < α (0,000 < 0,05); (5) peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar Hidrokarbon berbasis web menggunakan media eXe-Learning lebih tinggi dari pada siswa yang dibelajarkan menggunakan bahan ajar cetak di sekolah dengan nilai sig. < α (0,000 < 0,05).