Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai Tahun 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Binjai sebanyak 3 kelasdengan jumlah siswa 102 orangyang sekaligus menjadi sampel penelitian (total sampling). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumenter dan komunikasi tidak langsung melalui penyebaran angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kemudian dianalisis dengan analisis regresi ganda, uji F (simultan) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Disiplin belajar secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X1 (2.943) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,004) <0,05 (2) Lingkungan belajar secaraparsialmemberi pengaruh signifikan terhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan oleh nilai bahwa t-hitung X2 (10.771) > t-tabel (1.98) dan p-value (0,000) <0,05 (3) Disiplin belajar dan lingkungan belajar secara simultan memberi pengaruh signifikanterhadap hasil belajar.Hal ini diindikasikan olehnilai bahwaF-hitung (93.757) > F-tabel (2.69)dan sig-p(0.000) < 0.05 (4) Besarnya pengaruh disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,647.