Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya Kreativitas di Tengah Peluang Bisnis Online pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Kreativitas Terhadap Peluang Bisnis Online pada Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Stambuk 2017 yang berjumlah 89 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 75 butir pernyataan. Sementara teknis analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa variabel Mata Kuliah Kewirausahaan (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara persial terhadap peluang bisnis online dengan didapatkan thitung sebesar thitung sebesar 2,080 > 1,987 dengan nilai signifikan α 0,00<0,05 sama halnya dengan variabel jiwa kreativitas (X2) berpengaruh positof dan signifikan secara persial terhadap peluang bisnis online dengan nilai thitung sebesar sebesar 7,559 dengan demikian thitung> tabel dimana 10,299> nilai tabel sebesar 1,987 dengan nilai signifikan α 0,000 < 0,05 secara simultan variabel mata kuliah kewirausahaan dan jiwa kreativitas terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap peluang bisnis online mahasiswa dengan nilai Fhitung sebesar 53,035 dan nilai signifikan adalah 0,000 hal ini berarti 53,035 > 310 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05.Variabel mata kuliah kewirausahaan (X1) dan jiwa Kreativitas (X2) memberikan kontribusi pengaruh sebesar 52% terhadap peluang bisnis online (Y) Terhadap peluang bisnis online.