PENGARUH KINERJA BISNIS, INOVASI, DAN STRATEGI BISNIS TERHADAP CORPORATE SOSCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PELAKU UMKM DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Sebuah perusahaan memiliki tanggungjawab kepada masyarakat atas kegiatan produksi barang dan jasa mereka. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan solusi dalam penyelesaian masalah global dan telah diadopsi oleh banyak perusahaan dalam sekala besar. Terlepas dari perusahaan besar, CSR juga memiliki peranan yang sama terhadap UMKM. Memanfaatkan CSR untuk mencapai pertumbuhan perusahaan sebagai keunggulan kompetitif sangat penting bagi keberlangsungan bisnis temasuk UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja bisnis, inovasi bisnis, dan strategi bisnis terhadap CSR pada pelaku UMKM di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah ini berjumlah 976 (sembilan ratus tujuh puluh enam) unit UMKM. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Dari populasi tersebut peneliti berhasil mengumpulkan 30 (tiga puluh ) sampel responden UMKM. Tehnik Pengumpulan data yaitu dengan penyebaran kuisoner. Tehnik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi berganda, uji hipotesis Uji T, Uji F. Hasil penelitian secara persial Kinerja Bisnis tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility Pada pelaku UMKM yang terdapat di kota Medan Hasil penelitian dari uji persial menunjukan bahwa tidak ada pengaruh Kinerja Bisnis Terhadap CSR dengan nilai t hitung 1,687 < t tabel 2,056 dan nilai Signifikansi0,104 > 0,05. Tidak ada pengaruh Inovasi Bisnis terhadap CSR dengan nilai t hitung 0,078 < t tabel 2,056 dan nilai Signifikansi 0,938 > 0,05. tidak ada pengaruh Strategi Bisnis (X3) terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Y) dengan nilai t hitung 0,832 < 2,056 dan nilai Signifikansi 0,413 > 0,05. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa secara persial Kinerja Bisnis, Inovasi Bisnis, dan Strategi Bisnis tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility. Secara simultan Kinerja Bisnis, Inovasi Bisnis dan Strategi Bisnis tidak berpengaruh Signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR).