Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SMK Swasta PAB 12 Saentis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar di sekolah dan minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 12 Saentis T.A 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta PAB 12 Saentis T.A 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X OTKP yang berjumlah 61 orang. Teknik penentuan sampel dilakukan menggunakan Simple Random Sampling, maka sampel sebanyak 61 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 40 pernyataan yang sudah di validkan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, Koefisien Determinasi (R2). Dengan demikian Fhitung>Ftabel (30,839>3,16) dan nilai sig (0,000 < 0,05). Hal ini berarti bahwa hipotesis diterima, dimana secara bersama-sama kedua variabel bebas berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Sehingga dapat disimpulkan lingkungan belajar di sekolah dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 12 Saentis T.A 2020/2021. Koefisien determinasi (R2) dalam penelitian ini adalah R Square 51,5%. Nilai tersebut berarti bahwa sebesar 51,5%, peningkatan hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 12 Saentis dapat dijelaskan melalui Lingkungan Belajar Di Sekolah dan Minat Belajar. Sedangkan sisanya 48,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini.