Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas, validitas dan kepraktisan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMK dengan menggunakan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph; 3) respon siswa SMK dengan menggunakan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Dick and Carey. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X RPL sebanyak 36 orang SMK Negeri 14 Medan. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph; 3) respon siswa dengan menggunakan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph sangat positif. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat Pembelajaran berbantuan Autograph sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.