Pengaruh Budaya Sekolah, Kerjasama Tim dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Normatif Guru SMK Negeri Kota Padangsidimpuan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh budaya sekolah terhadap motivasi kerja guru; (2) pengaruh kerjasama tim terhadap motivasi kerja guru; (3) pengaruh budaya sekolah terhadap komitmen normatif guru; (4) pengaruh kerjasama tim terhadap komitmen normatif guru; (5) pengaruh motivasi kerja guru terhadap komitmen normatif guru. Populasi penelitian ini 147 orang guru dan untuk menentukan jumlah sampel digunakan tabel Kreijcie,sehingga diperoleh sampel sebanyak 108 orang. Metode penelitian bersifat analisis jalur yang bertujuan untuk menguji teori dan memperoleh informasi tentang penelitian. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) budaya organisasi berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja guru, yaitu ρ31 = 0,234 dan thitung = 2,881dengan taraf signifikan 0,005; (2). kerjasama tim berpengaruh langsung positif terhadap motivasi kerja guru, yaitu ρ32 = 0,487 dan thitung = 6,010 dengan taraf signifikan 0,000; (3).budaya sekolah berpengaruh langsung positif terhadap komitmen normatif guru, yaitu dan = ρ41 0,445 dan thitung =9,275 dengan taraf signifikan 0,000; (4). kerjasama tim berpengaruh langsung positif terhadap komitmen normatif guru, yaitu ρ42 = 0,336 dan thitung = 6,270 dengan taraf signifikan 0,000; (5) motivasi kerja guru berpengaruh langsung positif terhadap komitmen normatif guru, yaitu ρ43 = 0,399 dan thitung = 7,171 dengan taraf signifikan 0,000. Hasil penelitian memberikan gambaran bahwa budaya sekolah, kerjasama tim dan motivasi kerja mempengaruhi komitmen normatif guru SMK Negeri Kota Padangsidimpuan.