Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 2) Mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap enam tugas yang diwajibkan dalam kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Mendeskripsikan kualitas kinerja dan prestasi mahasiswa dengan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada program studi pendidikan matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada semester satu, tiga, dan lima strata-1 (S1) pendidikan matematika UNIMED. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terpilih enam orang dengan pengambilan sampel bertujuan atau purposive sampling. Data diperoleh dari sebaran angket, observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum KKNI, tanggapan, kinerja, dan prestasi mahasiswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa : 1) Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) belum sepenuhnya diterapkan karena pada mata kuliah program linier serta himpunan dan logika sudah mengimplementasikan kurikulum KKNI dengan melaksanakan keenam tugas KKNI, namun untuk mata kuliah kalkulus multivariant belum mengimplementasikan kurikulum KKNI secara keseluruhan. 2) Mahasiswa memiliki tanggapan yang positif terhadap penerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Kualitas Kinerja mahasiswa baik dalam menyelesaikan enam tugas KKNI, namun berdampak pada prestasi belajar mahasiswa yang cukup rendah dalam penerapan KKNI.