Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Siswa Kelas X MAN 2 Padangsidimpuan T.A. 2019/2020
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar passing bawah bola voli. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Padangsidimpuan pada bulan Agustus s/d September 2020. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan desain by level 2 x 2. Sampel penelitian siswa kelas X MAN 2 Padangsidimpuan dengan jumlah 76 siswa. Hasil Penelitian : 1) Berdasarkan hasil analisis varian pada daftar lampiran, pada taraf α=0,05 maka diperoleh Fh > Ft yaitu 7,79 > 4,06. Sehingga dapat ditarik kesimpulan keseluruhan bahwa gaya mengajar inklusi lebih berpengaruh terhadap hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli dibandingkan gaya mengajar konvergen. 2) Berdasarkan hasil analisis varian diperoleh Fh > Ft yaitu 131,77 > 4,06. terdapat interaksi antara gaya mengajar dengan kemandirian belajar terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. 3) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A1B1 dan A2B1 dimana Qh = 20,90 dan Qt = 2,92 dapat disimpulkan bahwa hasil belajar passing bawah bola voli dalam siswa dengan kemandirian belajar tinggi yang belajar dengan menggunakan gaya inklusi lebih baik dari pada gaya konvergen. 4) Kemudian dilanjutkan dengan uji tukey pada kelompok A2B2 dan A1B2 dimana Qh = 12,72 dan Qt = 2,92 dan berdasarkan hasil ini dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar passing bawah dalam permainan bola voli antara siswa dengan kemandirian tinggi yang diajar menggunakan gaya mengajar konvergen lebih baik dari pada gaya mengajar inklusi.