Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SMKN 1 Patumbak kelas X AP 1 dan X AP 2 dengan menggunakan kolaborasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dan Team Assisted Individualy (TAI). Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan metode Random Sampling. Analisis data dengan uji normalitas Liliefors (Kolmogrov – Smornov) dan uji paired sample t test homogenity. Uji instrumen menggunakan validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesulitan. Hasil analisis ini adalah nilai rata-rata pre-test 66,25 dengan standar deviasi 7.307dan nilai rata-rata post-tes 75,56 standar deviasi 8.846. Hasil uji normalitas diperoleh pre-test Lhitung> Ltabel adalah 0,070 > 0,05 dan post-test Lhitung> Ltabel adalah 0,0159 > 0,05 maka data menunjukkan berdistribusi normal. Data uji homogenitas menunjukkan nilai korelasi 830 dengan signifikansi dinyatakan homogen jika < 0,05, data memiliki varian yang sama yaitu Fhitng < Ftabel adalah 0,00 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kolaborasi model Pembelajaran Kooperatif Tipe Aptitude Treatment Interaction (ATI) Dan Team Assisted Individualy (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.