Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X OTKP SMK Swasta PAB 2 Helvetia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Siswa Terhadap Hasil Belajar Kelas X OTKP Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMK PAB 2 Helvetia. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 160 siswa. Telknik pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket dan dokumentasi. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Person dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji F (uji simultan) dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel disiplin belajar (X1) memiliki korelasi pada taraf baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,757 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 4,005 > 1,996 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan variabel lingkungan siswa (X2) memiliki korelasi pada taraf baik dengan hasil belajar (Y) dengan nilai 0,808 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 8,355 > 1,996 pada taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Sementara secara simultan variabel disiplin belajar dan lingkungan siswa memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 88,508 > 3,13. Disiplin belajar, lingkungan siswa memiliki determinasi sebesar 7,17 terhadap hasil belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.