Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui apakah nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan DL lebih besar daripada nilai KKM (2) Untuk mengetahui apakah interaksi kelas PBL dengan DL dan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian One-Group pretest-posttest Design. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) uji one sample t-test (2) Anava Two Way dengan bantuan SPSS 20. Dari hasil analisa data hasil belajar diperoleh (1) perbedaan hasil belajar siswa (80,47 ± 8,363) yang diajarkan dengan menerapkan model Problem Based Learning menggunakan macromedia flash dan hasil belajar siswa (78,269 ± 9,994) yang diajarkan dengan menerapkan model Discovery Learning menggunakan macromedia flash dimana diperoleh uji t sebesar 1,684. (2) Terdapat terdapat interaksi kelas PBL dengan DL dan motivasi terhadap nilai hasil belajar siswa. Analisis interaksi diperoleh faktor A memiliki harga Fhit sebesar 6,235 > Ftabel 4,00 dan nilai sig 0,015 < 0,05 berarti faktor A nyata; faktor B memiliki harga Fhit sebesar 0,025 < Ftabel 4,00 dan nilai sig 0,975 > 0,05 berarti faktor B tidak nyata; hasil interaksi faktor AB memiliki harga Fhit sebesar 3,860> Ftabel 3,45 dan nilai sig 0,027 < 0,05 berarti faktor AB nyata.