PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIMED
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 yang berjumlah 53 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehinggaa diperoleh jumlah sampel sebanyak 53 orang mahasiswa. Dari hasil analisis diperoleh bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri (X1) Terhadap Prestasi Belajar (Y) Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan yang ditunjukan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Universitas Negeri Medan berpengaruh positif yang ditunjukkan dengan nilai sign 0.849 > 0,05. Kedua variabel tersebut secara nilai sig 0,000 < 0,05. Dengan demikian berdasrakan penelitian terbukti bahwa Efikasi Diri (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap Prestasi Belajar (Y) Pendidikan Bisnis Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan sebesar 74,6% dan sisanya 25,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Secara matematis hasil perhitungan linear berganda dinyatakan dalam Y = 4.274 + 0.467 X1 + 0.514 X2 + e.