PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP(M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA
ctrlnum |
42200 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.unimed.ac.id/42200/</relation><title>PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP(M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA 
SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA</title><creator>Purba, Duma Arthasari</creator><subject>LB1025 Teaching (Principles and Practice)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QD450 Physical and theoretical chemistry</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan pada materi Asam Basa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA2 dan IPA3 yang masing-masing terdiri dari 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal dengan 5 option,yang telah divalidkan oleh validator dan kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas,tingkat kesukaran,dan daya beda soal. Dari data yang diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 38,472 dan nilai posttest sebesar 84,444. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,752. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji- t satu pihak (pihak kanan). Dari pengujian hipotesis taraf signifikan</description><date>2020-07-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/1/1.%20NIM.%204163331006%20COVER..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/2/2.%20NIM.%204163331006%20APPROVAL%20SHEET..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/3/3.%20NIM.%204163331006%20ABSTRACT..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/4/4.%20NIM.%204163331006%20PREFACE..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/5/5.%20NIM.%204163331006%20TABLE%20OF%20CONTENT..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/6/9.%20NIM.%204163331006%20CHAPTER%20I..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/7/13.%20NIM.%204163331006%20CHAPTER%20V..pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://digilib.unimed.ac.id/42200/8/14.%20NIM.%204163331006%20BIBLIOGRAPHY..pdf</identifier><identifier> Purba, Duma Arthasari (2020) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP(M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED. </identifier><recordID>42200</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Purba, Duma Arthasari |
title |
PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP(M3PK) SIMSON TARIGAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA
SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI ASAM BASA |
publishDate |
2020 |
isbn |
204163331006 |
topic |
LB1025 Teaching (Principles and Practice) LB1603 Secondary Education. High schools QD450 Physical and theoretical chemistry |
url |
http://digilib.unimed.ac.id/42200/1/1.%20NIM.%204163331006%20COVER..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/2/2.%20NIM.%204163331006%20APPROVAL%20SHEET..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/3/3.%20NIM.%204163331006%20ABSTRACT..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/4/4.%20NIM.%204163331006%20PREFACE..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/5/5.%20NIM.%204163331006%20TABLE%20OF%20CONTENT..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/6/9.%20NIM.%204163331006%20CHAPTER%20I..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/7/13.%20NIM.%204163331006%20CHAPTER%20V..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/8/14.%20NIM.%204163331006%20BIBLIOGRAPHY..pdf http://digilib.unimed.ac.id/42200/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia siswa dengan menerapkan Model Mengajar Menginduksi Perubahan Konsep (M3PK) Simson Tarigan pada materi Asam Basa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA2 dan IPA3 yang masing-masing terdiri dari 36 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal dengan 5 option,yang telah divalidkan oleh validator dan kemudian diuji cobakan untuk mengetahui reliabilitas,tingkat kesukaran,dan daya beda soal. Dari data yang diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen adalah 38,472 dan nilai posttest sebesar 84,444. Nilai rata-rata peningkatan hasil belajar sebesar 0,752. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji- t satu pihak (pihak kanan). Dari pengujian hipotesis taraf signifikan |
id |
IOS3150.42200 |
institution |
Universitas Negeri Medan |
institution_id |
60 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Medan |
library_id |
564 |
collection |
Digital Repository Universitas Negeri Medan |
repository_id |
3150 |
subject_area |
Adat Istiadat Agama Akuntansi |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
repoId |
IOS3150 |
first_indexed |
2023-02-26T13:58:47Z |
last_indexed |
2023-02-26T13:58:47Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1766033598463344640 |
score |
17.538404 |