PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitain ini adalah rendahnya Motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jl. Pertiwi No.93, Tembung, Kec. Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu siswa kelas XI IPS SMA Negeri 11 Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah melalui observasi dan penyebaran angket. Uji validitas untuk analisis butir angket pada penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, reabilitasnya dihitung dengan alpha crobach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linearitas, Uji Multikoloniaritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, dan Uji determinasi. Pengolahan data menggunakan program computer SPSS 20 menunjukkan hasil regresi berganda di peroleh Y= -23,320 + 0,602X1 + 0,603X2 + e. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa Motivasi belajar (X1) berpengaruh popsitif dan signifikan terhadap Prestasi belajar ekononom siswa (Y) dengan perolehan nilai thitung 9,717 > ttabel 1,660 dengan siginifikan ɑ 0,000 < 0,05. Kemudian Kemandirian belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa (Y) dengan perolehan nilai thitung 10,881 > ttabel 1,660 dengan siginifikan ɑ 0,000 < 0,05. Dengan perolehan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,794 atau 79,4 % variabel X mempengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 29,6 % di pengaruhi oleh factor lain diluar penelitian. Dari hasil penelitian maka di buktikan bahwasanya Motivasi belajar dan kemandirian belajar berpengaruh posisitif dan signifikan terhadap Prestasi belajar ekonomi siswa.