Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah tingginya tingkat perilaku konsumtif mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Mata Kuliah Perilaku Konsumen dan Promosi Online Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bisnis Angkatan 2017 yang berjumlah 89 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 89 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada responden sebanyak 44 butir pernyataan. Sementara teknis analisis data yang digunakan uji asumsi klasik, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel mata kuliah perilaku konsumen (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan didapatkan thitung sebesar 4,336 > ttabel 1,987 dengan taraf signifikan α 0,000 < 0,05. Sama halnya dengan variabel promosi online (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai thitung sebesar 3,487 > nilai ttabel sebesar 1,987 dan taraf signifikan α 0,001 < 0,05. Secara simultan variabel mata kuliah perilaku konsumen dan promosi online terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa dengan nilai Fhitung sebesar 16,526 > Ftabel 3,10 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Variabel bebas dalam penelitian ini mempunyai kontribusi sebesar nilai 27,8% terhadap perilaku konsumtif mahasiswa.