PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS ANGKATAN 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah rendahnya kesiapan berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan kewirausahaan dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi dan sampel seluruh mahasiswa pendidikan bisnis angkatan 2017. UJi instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reabilitas dilakukan dengan aplikasi software SPSS 26. Teknik alalisis data penelitian: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolonieritas, linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji f dengan mneggunakan aplikasi software SPSS 26. Hasil uji T menunjukkan pendidikan kewirausahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,327 > 1,662) dan nilai signifikan 0,028 < 0,05.self efficacy memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa dengan thitung > ttabel (5,963 > 1,662) dan nilai signifikan 0,000< 0,05. Hasil uji F menunjukkan pendidikan kewirausahaan dan self efficacy memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa dengan Fhitung > Ftabel ( 24,897 > 3,10) dengan nilai signifikan adalah 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan regresi linier berganda diperoleh hasil Y= 20,942+0,334 X1+ 0,435 X2 dengan koefisien determinasi sebesar 36,7%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pendidikan kewirausahaan dan self efficacy terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa baik secara parsial maupun simultan.