Pengaruh Permainan Galah Asin Dengan Dukungan Orang Tua Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Siswa Tunagrahita Jenjang SMP SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan galah asin dengan dukungan orang tua terhadap keterampilan gerak dasar siswa tunagrahita. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Tunagrahita Jenjang SMP SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara Tahun 2020 yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen dukungan orang tua dan juga instrument keterampilan gerak dasar yaitu TGMD-2. Hasil analisis hipotesis pertama menujukkan bahwa modifikasi permainan galah asin tidak memiliki lebih baik daripada permainan galah asin terhadap keterampilan gerak dasar pada Siswa Tunagrahita Jenjang SMP Di SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. Hipotesis kedua yaitu terdapat interaksi antara permainan galah asin dengan dukungan orang tua terhadap keterampilan gerak dasar pada Siswa Tunagrahita Jenjang SMP Di SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. Hipotesis ketiga adalah siswa dengan dukungan orang tua yang tinggi tidak lebih lebih baik daripada siswa dengan dukungan orang tua yang rendah terhadap keterampilan gerak dasar Siswa Tunagrahita Jenjang SMP Di SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara. Hipotesis keempat adalah modifikasi permainan galah asin memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan permainan galah asin terhadap keterampilan gerak dasar bagi siswa tunagrahita dengan dukungan orang tua yang tinggi Siswa Tunagrahita Jenjang SMP Di SLB-E Negeri Pembina Sumatera Utara.