Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas dan keefektivan bahan ajar yang dikembangkan berbasis pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa, untuk menganalisis peningkatan kemampuan penalaran dan kemampuan representasi matematika siswa yang diajar menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar observasi , angket respon siswa, instrumen tes kemampuan penalaran matematis dan tes kemampuan representasi matematis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel dengan mengembangkan bahan ajar dengan pendekatan matematika realistik. Berdasarkan hasil validasi nilai rata-rata total validitas RPP sebesar 4,81 ,buku siswa sebesar 4,83 dan LKPD sebesar 4,85 , tes kemampuan penalaran matematis siswa dan tes kemampuan representasi matematis telah berada pada kategori valid. Ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 90,62% yang telah memenuhi kriteria ketuntasan yaitu ≥85% siswa telah mencapai KKM. Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan dilihat dari N-Gain pada uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan yaitu dari 0,36 menjadi 0,50 artinya berada pada kategori sedang. Serta peningkatan kemampuan representasi matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis pendekatan matematika realistik pada materi pecahan dilihat dari N-Gain pada uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan yaitu dari 0,43 menjadi 0,50 artinya berada pada kategori sedang.