Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajarsiswa yang rendah.Tujuandari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMANegeri 11 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Medan yang beralamat di Jalan Pertiwi Banten, Medan Tembung No. 93. Jenis penelitianini adalah expost facto dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random sampling atau populasi penelitianyaitu sebanyak 73 orang siswa, dan sampel yang diperoleh sebanyak73 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan angket atau kuisioner. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi software SPSS versi 20.Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, analisis linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yaitu :uji t danuji F yang menggunakan software SPSS versi 20. Hasil perhitungan regresi linear berganda adalahY =8.084 +0,484X1 +0,410X2. Sedangkan hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial media pembelajaran memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan nilai thitung>ttabel (4,585> 1,666) pada taraf signifikansi 95% atau α = 0,05, kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar dengan thitung>ttabel (3,331> 1,666) pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05. Hasiluji F menunjukkan bahwa media pembelajaran dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadapprestasi belajar dengan nilai Fhitung > Ftabel (37,486 > 3,13) dan nilai signifikansi α (0,000 < 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima yakni terdapat pengaruh postif dan signifikan media pembelajaran dan kemandrian belajar terhadap hasil belajar baik secara parsial dan simultan.