Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P. 2019/2020.Jenis penelitian ini adalah quasi exsperimentdengan desain two group pretestpottest design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan penerapan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan konseptual siswa dalam bentuk pilihan berganda dan lembar penilaian untuk mengukur keterampilan siswa dan aktivitas siswa. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan post-test. Kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,19 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 64,58. Dan Aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran Kooperatif tipe TGT(Teams Games Tournaments) dalam tiga kali pertemuan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pertemuan I sebesar 72,4 (aktif), pertemuan II sebesar 77,22 (aktif), pertemuan III sebesar 82,4 (aktif). Berdasarkan hasil uji diperoleh ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X semester II SMA Negeri 7Medan T.P. 2019/2020.