Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Koloid Terintegrasi Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk menganalisis bahan ajar kimia SMA penerbit YW semester II kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 sesuai BSNP, mengetahui apakah modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan valid dan dapat digunakan sesuai standar BSNP, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar penerbit YW dan modul kimia hasil pengembangan dan mengetahui respon siswa menggunakan modul hasil pengembangan. Jenis Penelitian adalah penelitian pengembangan dan eksperimen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal dan SMA Swasta Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019 semester genap. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul hasil pengembangan, maka data diuji menggunakan independent sample T-tes dengan program SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil analisis bahan ajar kimia SMA penerbit YW semester II kelas XI kurikulum 2013 revisi 2016 sesuai dengan BSNP dengan kategori valid dan tidak perlu direvisi;(2) modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan telah valid dan dapat digunakan sesuai standar BSNP dengan kategori sangat valid dan tidak perlu direvisi;(3) hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar kimia SMA penerbit YW memperoleh peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang dan siswa dengan modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan memperoleh peningkatan hasil belajar dengan kategori tinggi;(4) respon siswa setelah menggunakan modul kimia sistem koloid terintegrasi model PjBL hasil pengembangan tergolong sangat baik dengan nilai persentase rata-rata 94,65 %.