Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kolaboratif Menggunakan Macro Media Flash dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Angkasa 2 LANUD Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) berbasis kolaboratif menggunakan macromedia flash erhadap hasil belajar siswa; 2) pengharuh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa; 3) interaksi antara model pembelajaran langsung (direct instruction) dan inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SD Angkasa 2 LANUD Medan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian terdiri dari kelas Va dan Vb yang diambil dengan cara cluster random sampling. Kelas Va sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif, sedangkan untuk kelas kontrol diajarkan dengan model pembelajaran langsung terpilih kelas Vb. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh hasil belajar siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif, dimana pengaruh dengan model eksperiment lebih baik dari pada pembelajaran langsung; 2) Ada pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar siswa , dimana motivasi tinggi lebih baik dari pada siswa dengan motivasi belajar rendah; dan 3) Tidak ada interaksi antara motivasi belajar pada penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) menggunakan macromediaflash berbasis kolaboratif maupun pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menunjukkan antara model pembelajaran dan motivasi belajar tidak saling mempengaruhi dan menolak hipotesis ketiga.