Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Learning (M- Learning)SMA kelas XI semester 2 pada materi sistem koloid berdasarkan standard kelayakan tampilan, keterpaduan dengan materi dan pemrograman yang telah ditetapkan oleh pakar dan tim ahli, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia pada materi sistem koloid yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Learning (M- Learning) dibandingkan dengan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan media pembelajaran Flash yang bersumber dari Pustekkom pada materi yang sama, dan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antara motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode Development Research yang menggunakan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAS Nurul Iman yang menggunakan kurikulum 13.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAS Nurul Iman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran dengan menggunakan Flash yang bersumber dari Pustekkom dan bisa diakses untuk SMA kelas XI semester 2 pada materi sistem koloid layak digunakan tapi perlu dikembangkan dengan nilai rata- rata 3,87; (2) media pembelajaran yang telah dikembangkan dengan menggunakan program Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Learning (M- Learning) untuk SMA kelas XI semester 2 pada materi sistem koloid layak digunakan dan sesuai dengan Standar kelayakan tampilan, keterpaduan dengan materi dan pemrograman yang ditetapkan oleh tim ahli dengan nilai rata- rata 4,21 ; (3) hasil belajar siswa dengan media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Learning (M- Learning) lebih tinggi yaitu 89,29 dari pada hasil belajar siswa dengan media pembelajaran yang bersumber dari Pustekkom dan bisa diakses yaitu 82,79 pada materi sistem koloid ; (4) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang dibelajarkan dengan media pembelajaran yang telah dikembangkan menggunakan Adobe Flash CS6 berbasis Mobile Learning (M- Learning) sebesar 93,5 % dan media pembelajaran menggunakan Flash yang bersumber dari Pustekkom dan bisa diakses pada materi sistem koloid sebesar 87,9 %..