Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Deskripsi Berbasis Kearifan Lokal Pulau Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Swadaya Pulau Rakyat
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat, (2) terpenuhinya validasi para ahli terhadap bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat, dan (3) Efektivitas bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat pada siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat yang dikembangkan. Sampel penelitian ini dilakukan terhadap 44 siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) proses pengembangan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat sangat relevan dengan kebutuhan belajar siswa. Bahan ajar yang dikembangkan telah disesuaikan dengan kebutuhan siswa, bahan ajar ini juga disajikan dengan masalah yang kontekstual sesuai tingkat SMP (dikaitkan dengan wawasan dan kehidupan siswa) dan bahan ajar yang disusun telah sesuai dengan silabus pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. (2) Validasi materi oleh ahli materi meliputi kelayakan isi dengan rata-rata 72% pada kriteria baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata 76% pada kriteria baik, dan kelayakan bahasa dengan rata-rata 78% pada kriteria baik, dan validasi ahli desain meliputi kelayakan kegrafikan bahan ajar dengan rata-rata 80% pada kriteria baik, yang menyatakan bahwa bahan ajar tersebut layak digunakan, kemudian diujikan pada uji perorangan, uji kelompok kecil dan uji lapangan terbatas pada 32 siswa kelas VII SMP swasta Swadaya Pulau Rakyat. (3) Hasil Pretest sebelum menggunakan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat diperoleh skor rata-rata sebesar 69,5 dengan kategori cukup. Sedangkan Efektivitas bahan ajar setelah menggunakan bahan ajar menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat diperoleh skor rata- rata adalah 77,3 dengan kategori baik. Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan selisih 7,8. Penelitian ini memiliki implikasi untuk siswa yaitu dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi berbasis kearifan lokal Pulau Rakyat, menuntut siswa untuk aktif berpikir, berkreasi dan mampu menanamkan nilai-nilai kearifan lokal dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari. Kemudian untuk guru, yaitu dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan proses pembelajaran, sehingga guru dapat menentukan metode yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas untuk mencapai kompetensi yang ingin dicapai