Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk :(1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran berbantuan software Microsoft Mathematics terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran berbantuan software Microsoft Mathematics terhadap motivasi belajar siswa, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan PAM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan PAM terhadap motivasi belajar siswa, (5) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan PAM terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (6) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan PAM terhadap motivasi belajar siswa.Instrumen yang digunakan terdiri dari : (1) Tes kemampuan komunikasi matematis, (2) Sngket motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitiaan menunjukkan : (1)Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran berbantuan software Microsoft Mathematics terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran berbantuan software Microsoft Mathematics terhadap motivasi belajar siswa, (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan PAM terdapat terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, (4)Tidak terdapat pengaruh yang signifikan PAM terdapat terhadap motivasi belajar siswa, (5) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dengan pengetahuan awal matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (6) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan pengetahuan awal matematis terhadap motivasi belajar siswa.