Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 21 Medan yang beralamat di jalan Selambo Ujung Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto dengan pendekatan kauntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 61 siswa. Sampel sebanyak 30 siswa dengan teknik pengambilan sample yaitu Total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Kemudian data yang terkumpul dari hasil anget dianalisis menggunakan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y= 20,845 + 0,338 X1 + 0,446 X2. Dari hasil analisis diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan variabel bebas (Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan T.A 2019/2020. Hal ini ditandai dengan dengan thitung > ttabel dimana hasil uji t pada variabel Manajemen Kelas (X1) sebesar 3,364 lebih besar dari ttabel sebesar 1,671 dan nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan pada variabel Prestasi Belajar (X2) diperoleh nilai thitung sebesar 7,524 lebih besar dari ttabel sebesar 1,671 dan nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel ( 31,936 > 3,16) nilai signifikan 0,000 < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa hipoetesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Manajemen Kelas dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 21 Medan T.A 2019/2020.