ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER KELAS X MATA PELAJARAN FISIKA DI TINJAU DARI ASPEK KOGNITIF BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM DI SMA NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan soal berdasarkan taksonomi bloom dan melihat konstruksi soal serta bahasa yang digunakan dalam pembuatan soal. Penelitian ini akan dilakukan dengan sempel soal ujian akhir semster kelas X SMAN 2 Medan dan SMAN 13 Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis tingkatan Taksonomi Bloom untuk menetukan tingkatan soal serta syarat yang benar dalam penyusunan soal berdasarkan konstruksi dan bahasa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Dari hasil analisis data soal pilihan ganda yang berjumlah 30 soal diperoleh hasil pada soal tingkat pengetahuan (C1) sebanyak 2 soal (6,6%), soal tingkat pemahaman(C2) sebanyak 2 soal (6,6%), soal tingkat penerapan(C3) sebanyak 24 soal (80,8%), soal pada tingkat analisis (C4) sebanyak 2 soal (6,6%), dan tidak terdapat soal pada tingkat evaluasi (C5), dan tingkat kreasi (C6). Pada soal essay diperoleh hasil tingkatan soal pemahaman (C2) sebanyak 3 soal (20,5)%, soal tingkat penerapan (C3) sebanyak 19 soal (71,3%), soal tingkat analisis (C4) sebanyak 1 soal (4,1%), dan soal tingkat evaluasi (C5) sebanyak 1 soal (4,1%). Pada Kaidah penulisan soal konstruksi dan bahasa diperoleh pesentase 99,08% untuk soal pilihan ganda SMAN 2 Medan dan 100% untuk SMAN 13 Medan. Berdasarkan data yang diperoleh pembuatan soal berdasarkan tingkatan Taksonomi Bloom belum dapat dikatakan baik keseluruhan.