PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN CRITICAL THINKING, CREATIVE THINKING, COLLABORATION & COMMUNICATION (4C) SISWA DI SMA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration& communication (4c) siswa di SMA dengan pokok bahasan Alat Optik. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMA Negeri 1 Kisaran T.P 2019/2020. Teknik pemilihan sampel diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model project based learning yang terdiri dari 25 siswa dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional yang terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan berfikir kritis dan kreatif yaitu tes berbentuk essay sebanyak 10 soal. Instrumen yang digunakan untuk keterampilan kolaborasi dan komunikasi yaitu berbentuk lembar observasi. Sebelum pembelajaran dilakukan diberikan pretes yang tujuannya melihat kesamaan kemampuan awal hasil belajar siswa. Pada hasil pretest dilakukan uji hipotesis dua pihak dengan uji manova dengan syarat normal dan homogen. Berdasarkan hasil uji manova kemampuan awal keterampilan 4C pada kedua kelas adalah sama. Setelah pretest maka dilakukan perlakuan pada kedua kelas. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas, peneliti memberikan postest. Hasil postest dilakukan uji manova terdapat perbedaan yang signifikan, yang berarti ada pengaruh dari model project based learning terhadap keterampilan critical thinking, creative thinking, collaboration & communication (4C) siswa di SMA N 1 Kisaran.