Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam menjawab soal UAS serta mengetahui kualitas Soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 yang dilihat dari aspek kognitif berdasarkan Taksonomi Bloom, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 320 siswa. Objek penelitian adalah soal UAS yang berasal dari 4 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih mampu menjawab soal UAS berdasarkan nilai rata-rata siswa dalam menjawab soal UAS Ganjil T.P 2019/2020. Berdasarkan aspek kognitif taksonomi Bloom sebaran soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 belum memenuhi proporsi soal yang seimbang yaitu dengan formulasi C1 40% C2 20% C3 20% C4 10% C5 5% C6 5%. Berdasarkan tingkat kesukaran sebaran soal UAS Ganjil T.P 2019/2020 belum memenuhi kriteria soal yang seimbang yaitu dengan formulasi sukar 25% sedang 50% dan mudah 25%. Berdasarkan daya pembeda sebaran soal UAS T.P 2019/2020 belum memenuhi kriteria soal yang baik yaitu dengan kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 ≥ 85%. Kriteria daya pembeda 0,30 – 1,00 pada soal UAS MAN 2 Model Medan 20%, UAS SMAN 5 Medan 20%, UAS MAS Muallimin Medan 15%, UAS SMAS Tman Ssswa Singosasri Medan 0%,. Berdasarkan reliabilitas, soal UAS rata-rata memiliki reliabilitas Sedang (0,30-0,64).