PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI GERAK LURUS PADA KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T. A 2019 / 2020
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan instrumen tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) sebagai instrumen untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran di SMA, mengembangkan kompetensi dasar serta indikator yang digunakan untuk instrumen asesmen HOTS, dan mengetahui karakteristik instrumen asesmen HOTS yang dikembangkan sebagai instrumen untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 14 Kota Medan. Hasil analisis rata - rata validasi tes oleh tim ahli menunjukkan tes kognitif berkategori valid dengan nilai 88,7%. Reliabilitas tes berkategori reliabel Tinggi dengan nilai (0,9). Tingkat kesukaran, berkategori sedang (87,5%), dan sukar (12,5%). Daya pembeda, berkategori sedang (75%), dan Baik (25%). Instrumen tes berbasis HOTS yang dikembangkan telah layak secara teori. Hal ini dibuktikan dari penilaian 3 ahli yaitu ahli konstruksi, ahli materi, dan ahli bahasa yang menyatakan bahwa instrumen tes berbasis HOTS yang dikembangkan dalam katagori sangat baik. Selain itu, instrumen penilaian yang dikembangkan telah valid, reliabel serta memiliki hasil analisis butir soal.